Gol Tendangan Bebas Terbaik Sepanjang Masa

Kriteria gol terbaik yang dihasilkan melalui tendangan bebas :

1. Tendangan bebasnya dinilai sangat berharga buat tim; gol penentu kemenangan.
2. Dikenang sepanjang masa (memorable) - golnya berdampak kuat terhadap daya ingat sesorang.
3. Kreatifitas tendangan bebas hingga gol itu terjadi.
4. Tingkat kesulitannya : jumlah pemain lawan yang memasang tembok, sudut dan jarak ke gawang.

Kandidat Pertama : DAVID BECKHAM
Inggris 2 - 2 Yunani (6 Oktober 2001)
Beckham kembali menjadi pahlawan The Three Lions setelah dimusuhi publik Inggris pasca Prancis 1998. Menit ke 93, Inggris tertinggal 2-1 dari tamunya, Yunani, dan terancam tidak lolos otomatis ke Piala Dunia 2002. Beckham mendapat peluang terakhir untuk mengeksekusi tendangan bebas dari jarak 20 yard. Tembok Tunani dibentuk oleh empat pemain. BOOM! Beckham merobek atap gawang Yunani, kiper Nikopolidis terpaku, dan Old Trafford berpesta.

Kandidat Kedua : ROBERTO CARLOS
Prancis 1 - 1 Brasil (3 Juni 1997)
 
Le Tournoi de France 1997 dijadikan ajang pemanasan menjelang Piala Dunia 1998. Brasil, inggris, Italia dan tuan rumah Prancis saling berhadapan dalam turnamen yang dimenangkan Inggris ini. Roberto Carlos sebenarnya 'tidak berhak' mencetak gol seperti ini. Sejauh 25 yard, bola yang dilesatkannya memisang ke tiang kiri gawang Prancis. Gol tersebut tak hanya membuat penjaga gawang Fabien Barthez bengong, tapi juga ribuan penonton - baik di stadion maupun di rumah - juga demikian.
Selain itu, Carlos membukukan rekor Piala Dunia, ketika tendangan bebasnya melawan Cina tercatat sebagai yang tercepat dalam sejarah turnamen itu.

Kandidat Ketiga : WILLIE CARR & ERNIE HUNTGol yang satu ini dihasilkan lewat tendangan bebas yang tidak lazim. Coventry memerlukan strategi yang lebih jitu menghadapi juara bertahan Everton. Akhirnya, datanglah tendangan bebas spektakuler berkat kecerdikan Carr dan Hunt. Carr melakukan sesuatu yang disebut 'donkey kick' (tendangan keledai).

Kandidat keempat :     JOSE LUIS CHILAVERT
Velez Sarsfield vs River Plate (2000)
 Inilah salah satu gol yang paling terkenal di Argentina. Jika seorang kiper mengambil tendangan bebas dan membentur tembok pertahanan, akibatnya bisa fatal - bola jatuh ke kaki lawan, serangan balik dilancarkan saat gawangnya kosong dan tebak sendiri apa yang terjadi. Penjaga gawang tidak diciptakan untuk mencetak gol. namun, Chilavert tercatat sebagai salah satu topskor sepanjang maasa di posisinya, karena terpillih sebagai spesialis tendangan bebas dan penalti, baik di Velez maupun timnas Paraguay. Alhasil, ia mengoleksi torehan 62 gol sepanjang karirnya, termasuk dari tengah lapangan ke gawang River Plate pada kejuaraan Argentina 2000. saat rekannya tergeletak cedera, Chilavert secara sinis memanfaatkan gawang yang kosong ditinggalkan Mono Burgos. GOOOOLLLLL...!!!

Kandidat Kelima : ALVARO RECOBA
Inter Milan 3-1 AS Roma (24 Maret 2002)
Tendangan bebas Recoba memupus harapan AS Roma untuk meraih scudetto.

Gol lain yang layak dipertimbankan :
1) Diego maradona (Napoli vs Juventus) dari dalam kotak penalti
2) Paul Gascoigne (Tottenham Hotspur vs Arsenal) di semi-final Piala FA 1991
3) Cristiano Ronaldo (Manchester United vs Portsmouth)
4) Cevad Prekazi (Galatasaray vs Monaco) dari jarak 45 meter yang mengantar Gala ke semi-final Piala Eropa 1988
5) Pierre van Hooijdonk (SC Freiburg vs Feyenoord) di Piala UEFA 2001/2002 dari sudut yang sempit.
6) Rogerio Ceni (Sao Paulo vs Vasco de Gama) penjaga gawang Brasil ini memegang rekor sebagai kiper yang mencetak gol terbanyak : 83 sepanjang kariernya di Sao Paulo
7) Ronaldinho (Brasil vs Inggris) yang mengakhiri kiprah David Seaman dkk di Piala Dunia 2002
8) Artem Koncevoj (MTZ-Ripo vs Smorgon) pada Oktober 2006. luar Biasa !

Sumber: http://id.shvoong.com/lifestyle/sports-and-recreation/2013596-gol-tendangan-bebas-terbaik-sepanjang/#ixzz1T6tgp0nO

0 Response to "Gol Tendangan Bebas Terbaik Sepanjang Masa"

Posting Komentar